Daftar Jenis Burung Murai Batu yang Antik & Asalnya

Burung antik dapat dinilai dari kicauan yang bahkan sudah mendunia. Burung Murai Batu Indonesia dan mancanegara ini merupakan burung Murai Batu asal indonesia. Burung ini memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh burung import dari mancanegara. Burung Murai Batu ada yang berasal dari Thailand, Malaysia, Filiphina, Sumatera, Aceh, dan lain sebagainya. Nah, kali ini kami akan menyebutkan beberapa jenis burung Murai Batu yang antik beserta juga dengan asl burung tersebut. Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Burung Murai Batu yang Antik

1. Burung Murai Batu Medan

Burung jenis satu ini berasal dari beberapa daerah di Aceh, Pasaman, Padang Sidempuan, dan Semenanjung Malaysia. Burung ini biasanya sering kalian temukan di beberapa kawasan Sumatera Utara, seperti Bukit Lawang, Bohorok, dan kaki Gunung Leuser. Burung Murai Medan ini merupakan burung hasil kawin silang antara berbagai jenis burung Murai Batu Medan.

2. Burung Murai Batu Nias

Selanjutnya ialah burung murai batu Nias yang cukup sulit ditemukan di daerah asalnya. Burung ini didatangkan dari mentawai ataupun Pagai, Sibanang, Simeulue, dan sebagainya. Burung yang satu ini memiliki postur tubuh yang relatif kecil. Panjang buku ekornya bisa sekitar 17 hingga 20 cm dan berwarna hitam pekat. Volume suara biasanya lebih keras, bahkan burung ini mampu meniru suara burung murai batu lain lebih cepat

3. Burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo

Burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo memiliki bulu dada berwarna cokelat terang. Bagian kaki yang seharusnya berwarna cokelat kemerahan. Ekornya tidak begitu panjang hanya sekitar 10-13 cm. Kepala Murai Batu Borneo ini biasanya berbentuk kotak atau rata dan juga tidak membulat. Tatapan matanya begitu tajam dan melotot.

4. Burung Murai Batu Thailand

Burung antik lainnya adalah burung Murai Batu thailand yang terkenal dengan tubuh kecil tetapi memiliki bulu ekor yang panjang. Buku ekornya sendiri dapat mencapai hingga 34 sampai 38 cm. Burung ini jug dikenaal memiliki mental bagus serta agresif. Sehingga banyak pecinta burung yang mengikuti lombanya. Burung ini banyak berkembang biak di daerah perbatasan antara Malaysia dengan Thailand terutama di kawasan hutan yang belum terjamah manusia.

5. Burung Murai Batu Filipina

Murai Batu Filipina memiliki keunikan serta keindahan pada gayanga. Kualitas suara yang dimiliki burung ini kurang bagus dibandingkan Murai Batu lainnya. Bahkan banyak kalangan pecinta butung yang menjadikan burung ini untuk pajangan di rumah. Ciri khas yang dimiliki burung satu ini terdapat dari bentuk, dan juga gayanya.

6. Burung Murai Batu Malaysia

Dan yang terakhir adalah burung Murai Batu Malaysia yang terkenal akan keagresifannya dan memiliki mentaal yang tangguh. Tidak hanya negeri smebilan saja, burung murai batu dari Pahang, Selangorm dan Kelantan juga memiliki sifat yang sama. Burung ini memiliki bulu ekor tidak lebih dari 21 cm biasanya juga sering dilombakan karena memiliki suara isian yang bagus dan penampilan gaya bertsrung sangatlah indah.

Nah itu dia 6 daftar burung Murai Batu yang antik dan bisa kalian pilih untuk koleksi burung kalian. Jenis burung yang kami bagikan di atas ini ad yang berasal dari lokal maupun luar negeri. Setiap jenis burung itu juga memiliki keunggulan masing-masing yang cukup memikat hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *