Daftar Burung Berjambul Antik yang Cantik Rupanya

Burung merupakan salah satu hewan yang sangatlah menakjubkan. Burung-burung ini memiliki bulu yang indah serta berwarna warni. Burung-burung ini juga memiliki jambul di atas kepalanya. Yang mana jambul-jambul ini terbuat dari bulu-bulu plumulaceous yang artinya adalah bulu yang lunak dan bisa ditekuk. Jenis jambul ini juga memiliki penampilan yang lebih atraktif dan menarik. Kali ini, kami akan menjelaskan jenis burung apa saja yang memiliki jambul indah? Simak lengkapnya berikut ini.

Burung Jambul Antik & Cantik Rupawan

1. Guinea Turaco

Burung ini merupakan burung jambul yang memiliki nama lain (Tauraco persa). Burung ini terlihat mirip dengan rambut mohak yang dicat dengan warna hijau. Panjang jambul yang dimiliki burung ini berukuran 2 inchi atau sepanjang 5 cm yang menjadi fitur tubuh yang paling mencolok. Guinea merupakan salah satu jenis burung yang berukuran sedang dan hidup di sabana dan juga hutan yang ada di Afrika. Kepala dan dada yang dimiliki burung satu ini berwarna hijau dan sementara pada bagian belakang dan ekor berwarna ungu gelap. Jenis makanan favoritnya ialah bunga, buah, dan juga tunas tanaman.

2. Royal Flycatcher

Royal flycatcher (Onychorhynchus coronatus) merupakan burung yang jambulnya berbentuk seperti kipas yang spektakuler berwarna kuning dengan aksen hitam. Burung ini bisa kalian temukan sendiri atau berpasangan di kanopi terbuka. Sarangnya juga tidak kalah menarik. Panjang burung ini mencapai 60 hingga 180 cm yang digantungkan di dahan pohon dan dibangun rendah di atas aliran air. Sarang burung ini dibuat dari rerumputan, serat tanaman, daun mati, bahkan lumut hijau.

3. Himalayan Monal

Berikutnya adalah Himalayan monal (Lophophorus impejanus), hewan endemik Himalaya yang mana bulunya memiliki perpaduan warna biru metalik, hijau, merah, dan juga ungu. Burung jantan ini memiliki bulu kepala berwarna hijau metalik. Burung betinanya berwarna cokelat polos, yang tidak semeriah pejantan. Burung ini juga telah dinobatkan sebagai burung nasional Nepal dan tinggal di ketinggian 4.000 kaki atau (1.219 meter) dari permukaan laut. Makanan kesukaan burung ini adalah biji-bijian, buah, dan juga serangga.

4. Burung Emas

Burung emas (Chrysolophus pictus) merupakan salahs atu burung tercantik di dunia yang memiliki warna cerah dan juga mengagumkan. Sementara burung betina memiliki warna cokelat kusam. Yang paling mengesankan adalah jambul kuning panjang, yang mirip seperti rambut pirang manusia. Proporsi panjang tubuh dan rentang sayapnya terasa kurang seimbang. Di mana panjanganya mampu mencapai 90-105 cm unruk pejantan dan 60-80 cm untuk betina. Tetapi rentang sayapnya hanya sepanjang 65-75 cm. IItulah mengapa burung ini lebih sering berlari atau berjalan dibandingkan terbang.

5. Merpati Nicobar

Dan yang terakhir adalah burung yang bernama ilmial Caloenas nicobarica. Burung ini memiliki bulu hijau berwarna-warni yang memiliki bulu-bulu hijau berwana-warni. Burung ini memiliki bulu panjang berwarna biru kehijauan yang di leher bagian atas. Merpati ini juga dikatakan sebagai kerabat terekat burung dodo yang telah punah.

Nah itu dia beberapa daftar jenis burung yang memiliki jambul antik dan menawan yang wajib kalian ketahui. Jambu burung inilah yang membuat burung ini terkesan antik dan rupawan. Apakah kalian suka dengan burung antik yang memiliki jambul menawan ini? Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat emmabntu para sobat sekalian, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *