Daftar Burung Antik yang Mulai Langka ini Dikenal Memiliki Bentuk yang Indah

Di dunia terdapat sekitar 21.286 jenis hewan teranacm punah yang masuk dalam laporan yang di rilis oleh IUCN (Internasional Union for Conservation of Nature) pada tahun 2013 silam. Di antaranya itu, terdapat ratusan jenis burung dari berbagai dunia, dan juga Indonesia. Beberapa jenis burung hidup di alam liar, tetapi sedikit dari mereka yang memperoleh perlindungan agar tetap lestari dan terjaga dari perburuan yang tidak bertanggung jawab. Terdapat beberapa jenis burung yang mulai langka ini ternyata memiliki bentuk yang indah dan antik serta suara yang merdu. Apa saja jenis burung antik yang terancam akan punah? Simak lengkapnya berikut ini

Burung Antik yang Mulai Langka dan Dikenal Memiliki Bentuk nan Indah

1. Atlantic Puffin

Burung yang pertama ini biasanya dikenal dengan nama biarawan kecil dari Arktika, yang disebut demikian karena bagian atas kepalanya memiliki tudung seperti biarawan. Spesies ini menjadi satu-satunya puffin yang gidup di Samudera Atlantik Utara, sedangkan dua spesies lainnya yaitu Tufted Puffin dan Horned Puffin yang hidup di wilayah Samudera Pasifik Utara. Burung ini merupakan spesies burung laut dari keluargaAuks atau Alcidae. Auks merupakan burung laut penyelam yang hideup di belahan bumi utara. Mereka di sebut antik, karena mereka biasa menggunakan sayap untuk berenang saat memburu mangsa.  

2. Blue Jay

Blue Jay merupakan burung berukuran kecil dengan warna bulu yang terang. Habitat burung ini berada di Amerika Utara, khususnya Amerika Serikat serta Kanda. Burung Jay merupakan burung Omnivora yang suka memakan buah pala, buah jati Belanda, biji-bijian, serangga, bahkan amfibi kecil. Spesies hewan yang saju ini memiliki banyak variasi pada warna bulunya, mulai dari abu-abu hingga warna cokelat. Ciri dengan torehan warna putih serta hitam di bagian ekornya.Burung ini juga sebagain besar hidupnya di daerah tropis.

3. Green Headed Tanager

Selanjutnya ialah burung kecil berwarna warni yang memiliki ukuran rata-rata sebesar 13.5 cm (5.3 inchi) yang beratnya hanya sebesar 18 gram. Tanager berkepala hijau ini memiliki kepala kehijauan atau kebiruan, hitam di punggung, serta pantat berwarna kontras, oranye atau merah. Burung ini memiliki kemiripan, meski warnanya lebih kusam. Burung ini ditemukan di hutan Atlantik bagian selatan-timur Brasil.

4. Golden Pheasant

Golden Pheasant merupakan burung yang memiliki kaki berwarna kunging serta memiliki jambul diatas kepalanya yang berwarna kuning. Dan pada bagian dada tidak ada warna hijauh dan tidak ada garis kuning horizontal. Burung ini di Indonesia dikenal dengan nama pegar emas atau sejenis unggas yang postur tubuhnya mirip dengan burung.

5. Booted Racket-tail Humming Bird

Dan yang terakhir ini adalah kelompok kecil Kolibri dalam genus Ocreatus yang lama dianggap hanya memiliki satu spesies. Burung ini sendiri ditemukan di Cordellera Andes Venezuela utara, Kolombia barat, dan lereng timur Andes di Ekuador. Burung ini terbagi menjadi tiga spesie yaitu ekor raket sepatu bot putih, ekor raket Peru, dan ekor raket sepatu bot keras.

Nah itu dia 5 daftar jenis spesies burung antik yang saat ini mulai melangka. Ini dia beberapa jenis spesies burung yang memiliki beragam keunikan dan keantikan yang dimiliki jenis burung ini. Burung ini ada yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *